Tata Cara Wudhu yang Benar Berdasarkan Syari’at Islam

micatlantica – Cara berwudhu yang benar menjadi keharusan bagi semua umat muslim. Melaksanakan wudhu sebelum menjalankan ibadah sholat dan membaca Al-Qur’an hukumnya wajib. Hal ini sebagai bentuk untuk mensucikan diri dari hadas yang menempel pada tubuh sebelum menghadap Allah SWT. 

 

Tata Cara Wudhu yang Tepat

Di dalam kitab suci Al-qur’an, ayat 6 surat Al-Maidah berfirman disebutkan bahwa semua umat muslim yang beriman dianjurkan untuk membasuh mukanya, kedua tangan hingga ke siku, menyapu bagian kepala dan kedua mata kaki sebelum mengerjakan sholat. Lalu, bagaimana urutan langkah-langkahnya simak ulasan dibawah ini.

 

 

  • Membaca Niat Wudhu

 

Segala sesuatu yang diawali dengan niat, seperti halnya dalam melakukan pekerjaan dan juga beribadah. Berikut ini bacaan niatnya:

 

“NAWAITUL WUDHUU-A LIRAF’LL HADATSIL ASHGHARI FARDHAL LILAAHI TA’AALAA”

Artinya:
“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.”

 

 

  • Membaca Basmalah Sambil Membasuh Tangan

 

Setelah membaca bacaan niat, kemudian membaca basmallah sambil membasuh bagian telapak tangan sampai sela-sela jari sebanyak 3 kali. Namun jika Anda lupa membaca basmaallah, maka dengan membaca niat berwudhu sudah di anggap sah.

 

 

  • Berkumur-Kumur

 

Berkumur-kumur sampai 3 kali. Caranya dengan memutar air di dalam rongga mulut untuk membersihkan dalam gigi dari bekas sisa-sisa makanan agar bisa dikeluarkan.

 

 

  • Membersihkan Lubang Hidung

 

Membersihkan bagian lubang hidung sebanyak 3 kali, tujuannya untuk  mengeluarkan kotoran yang ada didalamnya. Disunnahkan untuk menghirup air menggunakan hidung dan mengeluarkannya kembali. 

 

 

  • Membabasuh Seluruh Wajah

 

Membasuh bagian muka hingga garis tepi dan dekat rambut, mulai dari bagian ujung kepala sampai dengan tumbuhnya rambut dan dagu.

 

 

  • Mencuci Tangan Hingga Siku

 

Membalas kedua tangan sampai ke siku hingga 3 kali. Mulai dari tangan kanan terlebih dahulu dan dilanjutkan bagian tangan sebelah kiri.

 

 

  • Mengusap Kepala

 

Mengusap kepala dari  bagian depan menuju ke belakang, jadi bukan hanya di colek sebagian rambut saja. Namun ada sebagian hadis yang memperbolehkan dengan cara membasuh ujung kening sampai 3 kali. Keduanya sama-sama diperbolehkan dalam berwudhu.

 

 

  • Membersih Kedua Telinga

 

Membersihkan bagian daun telinga dan dilakukan secara bersamaan antara kanan dan kiri. 

 

 

  • Membasuh Kaki dari Atas Sampai Mata Kaki

 

Cara berwudhu selanjutnya yaitu dengan membasuh bagian kedua kaki hingga batas mata kaki sebanyak 3 kali, mulai dari kaki kanan dan dilanjutkan ke kaki kiri.

 

 

  • Membaca doa sesudah berwudhu

 

Langkah terakhir yaitu membaca doa setelah berwudhu.

Baca Juga : Brownies Bahan Chocolatos Simple dan Empuk

Itulah beberapa langkah cara berwudhu yang benar dan bisa Anda terapkan agar dapat menjalankan ibadah sholat dengan khusuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *