Olahraga Voli Tentang Pemain, Tugas dan Rotasi

micatlantica.org – Voli merupakan olahraga dengan jumlah peminat yang cukup banyak penggemar di Indonesia. Tapi sudahkah Anda tahu jumlah pemain voli dalam satu regu.  

Indonesia sendiri merupakan negara dengan penggemar olahraga bola voli yang cukup banyak. Dengan banyaknya jumlah pemain dalam satu tim voli, menjadikan olahraga tim ini banyak peminat karena seru dan kompetitif serta menggunakan taktik strategi yang perlu diperhitungkan. 

Namun, apakah Anda sudah tahu berapa jumlah pemain bola voli di satu tim atau regu? Apa saja tugas dan bagaimana rotasinya.

Pemain, Tugas dan Rotasi dalam Olahraga Voli

 

  • Server

 

Servis adalah penyajian bola pertama saat permainan dimulai. Tugas ini diambil oleh Server. Posisi pemain bertugas melakukan servis dalam lapangan adalah server.  Setelah melakukan servis, secara otomatis server merangkap menjadi pemain belakang atau defender untuk membantu pertahanan tim.

 

 

  • Spiker 

 

Selanjutnya ada Spiker yang bertugas melakukan smash. Spiker atau Smasher adalah posisi yang bertugas untuk melakukan pukulan atau smash bola kearah lawan, tujuannya mendapatkan poin atau nilai untuk tim. Smash adalah pukulan keras tepat menusuk ke wilayah lawan.

 

 

  • Tosser

 

Ketika tim melakukan serangan yang menentukan arah dan taktik adalah tosser. Pemain yang berada pada posisi tosser diharuskan mempunyai kualitas umpan dan kecerdasan dalam memberikan berbagai variasi umpan. Sehingga perlu memberikan umpan terbaik bagi rekan setimnya. 

 

  1. Libero

Libero, posisi ini dibentuk tahun 1998. Adalah posisi yang bertugas menerima dan menahan berbagai serangan dari pemain lawan dengan melakukan passing. Pemain yang berada pada posisi ini dituntut menguasai teknik passing atau operan yang baik.

Dalam olahraga voli terdapat enam pemain. Satu tosser, dua libero, satu server, dan dua spiker. Untuk server sendiri akan otomatis menjadi pemain belakang setelah melakukan servis bola ke wilayah lawan dari wilayah tim.

Selain itu posisi tersebut di rotasi searah jarum jam. Sehingga setiap pemain mendapatkan berbagai macam peran yang sebenarnya sama pentingnya antara satu sama lain. Dan hal inilah yang menjadikan voli sebuah olahraga yang memerlukan taktik dan strategi juga teknik dalam hal ini ketika menjadi pemain.

Olahraga voli masih menjadi olahraga yang diminati di Indonesia. Selain sepakbola dan bulutangkis. Voli juga menjadi andalan dengan adanya proliga voli, menjadikan olahraga ini semakin profesional. Dan bermunculan atlet-atlet bertalenta.

Saat ini, kompetisi voli di Indonesia semakin beragam mulai dari tingkat RT sampai Kota atau Kabupaten memiliki kompetisinya sendiri masing-masing. Dan dari sini muncul calon-calon atlet terkenal dan bertalenta. Selain itu dari sini dapat ada jiwa kompetisi pada masyarakat.

Baca Juga : Cara Memuaskan Pasangan Dari Jarak Jauh

Bagaimana sekarang Anda sudah berminat bermain voli? Atau memang sudah bermain dan berniat mengikuti kompetisi voli semi profesional. Sekarang sudah mengetahui jumlah pemain voli dalam satu regu dan tentunya rotasi dan tugasnya. Sekian semoga bermanfaat.