Cara Merekam Sampai Mengedit Video dengan Mudah

micatlantica.org – Tren membuat konten dalam bentuk video rupanya sudah marak dilakukan saat ini. Ada beragam alasan mengapa orang ingin melakukan pembuatan konten tersebut. Mulai dari  kebutuhan dalam pekerjaan, hobi, sampai dokumentasi. Nah, apabila Anda penasaran ingin mengetahui langkah pertama dalam membuat video adalah seperti apa, silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Langkah-langkah Merekam Video

Supaya dapat menghasilkan video berkualitas bagus, selain membutuhkan peralatan yang memadai tentunya, kita juga perlu memperhatikan cara-cara merekam videonya dengan baik. Pasalnya, sekalipun peralatannya mendukung tapi cara pengambilan videonya tidak bagus maka hasilnya pun bisa tidak memuaskan.

Oleh karena itu, simak langkah-langkah merekam video berikut ini agar hasil rekaman Anda semakin ‘oke punya’.

  1. Gunakan bantuan kamera 

Agar kualitas video yang dihasilkan tinggi serta tampak profesional maka gunakanlah kamera HD. Walaupun harganya mahal namun hasilnya tidak akan berbohong, lho. Apabila Anda tak punya cukup uang untuk langsung membelinya, alternatif solusinya adalah dengan menggunakan jasa sewa kamera di daerah Anda.

 

Selain kamera HP, ada juga jenis kamera lain yang tak kalah bagus kualitasnya yaitu kamera digital dan kamera pada smartphone. Nah, tidak sedikit beberapa merek smartphone mempunyai keunggulan pada kameranya. Selain murah, alternatif pilihan ini tentu mudah dipakai, bukan.

 

  1. Ambilah videonya dari sudut pandang terbaik

Tahapan pembuatan video yang bagus selanjutanya adalah survei tempat pengambilan videonya terlebih dahulu agar bisa menentukan sudut pandang atau angle mana yang terbaik. Selain dari angle, penting juga untuk menemukan posisi-posisi dimana bisa membuat kita nyaman ketika merekam sudut pandang tersebut.

 

  1. Teruslah merekam sesering mungkin 

Cara ketiga ini dilakukan guna mendapat kejadian atau momen spontan. Apabila Anda tidak fokus untuk terus merekam maka momen-momen langka yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu dapat terlewatkan begitu saja. 

 

  1. Gunakan bantuan tripod atau stabilizer untuk menghasilkan hasil rekaman nan stabil

Ketika hendak merekam dalam waktu cukup lama maka kemungkinan besar kita akan merasa kelelahan dalam membawa kameranya. Jika sudah lelah maka bukan tidak mungkin tangan kita akan bergetar alias tremor. Getaran tangan kita pun dapat menghasilkan gambar videonya kabur. Oleh karenanya, tidak ada salahnya menggunakan bantuan tripod maupun stabilizer

 

  1. Cobalah merekam dengan jarak sedekat mungkin dari objek untuk memperoleh kualitas suara rekaman nan jernih

Langkah-langkah Mengedit Video

  1. Siapkan perangkat untuk mengedit (Komputer, laptop, atau smartphone).
  2. Setelah itu, silakan unggah hasil rekaman ke dalam perangkat editing-nya, lalu simpanlah.
  3. Silakan install aplikasi edit videonya terlebih dahulu. Ada beragam pilihan aplikasi yang bisa Anda coba, baik melalui komputer maupun smartphone
  4. Setelah aplikasi terpasang, selanjutnya silakan masukkan hasil rekaman ke dalam aplikasinya dan mulailah mengeditnya.
  5. Cobalah fitur-fitu yang ada dalam aplikasi tersebut. Biasanya secara umum aplikasi editing mempunyai fitur trim atau memotong scene, transisi, penambahan audio atau efek musik, bahkan penambahan efek.
  6. Setelah selesai, silakan simpan hasil editing-nya.

Baca Juga : Cara Menghubungkan Laptop ke Televisi Secara Wireless

Sesuai dengan penjelasan mengenai langkah-langkah pertama dalam membuat video adalah tersebut di atas maka kini Anda tidak kesulitan lagi dalam membuatnya sendiri, bukan?. Selamat berkreasi!