Cara Membuat CV yang Baik dan Benar Untuk Pemula

micatlantica.org – Cara membuat CV yang baik dan benar tak melulu harus memuat data berlembar-lembar. Seluruh spesifikasi tak perlu dimasukkan. Hal tersebut tidak akan membuat pelamar berubah menjadi sosok super, malah akan diabaikan oleh para perekrut. Lalu, bagaimanakah teknik membuat curriculum vitae sesuai kriteria perekrut?

Trik Membuat CV Berkualitas

Berikut ini merupakan beberapa hal penting untuk dimasukkan dalam daftar riwayat hidup calon pelamar pekerjaan di suatu perusahaan.

1. Cantumkan Informasi Pribadi

Tidak selalu harus panjang dan mendetail, pada tahap ini Anda hanya perlu menambahkan nama lengkap, nomor telepon aktif, email, dan alamat tempat tinggal di bagian Header lembaran CV. Mengingat informasi ini bakal jadi hal pertama yang dilihat oleh si perekrut.

Perhatikan pula penggunaan besar ukuran font pada bagian nama. Umumnya, ukuran font dari nama haruslah lebih besar dibanding teks lain.

2. Tuliskan CV Summary

Biasanya bagian ini diisi dengan perjalanan karir seseorang. Akan tetapi, mengingat Anda berada pada posisi pemula dalam pembuatan curriculum vitae, maka ringkasan perjalanan karir dapat diganti dengan ringkasan perjalanan pendidikan yang sudah selesai atau masih ditempuh.

Sebagai contoh saja Anda bercerita terkait jurusan dimasa menjalani pendidikan lanjut. Kemudian masa pendidikan terselesaikan, dan apa saja yang sudah didapatkan dari kegiatan tersebut. Tak perlu muluk-muluk, sampaikan saja informasi ini secara singkat dalam 3 paragraf.

3. Pengalaman Kerja

Sudah jadi hal pasti bagi perekrut untuk menengok pengalaman kerja pelamarnya sebagai bahan pertimbangan mereka ketika hendak memberikan undangan interview. Oleh sebab itu, salah satu cara paling tepat dalam membuat daftar riwayat hidup ialah memastikan pengalaman kerja benar-benar ditulis secara nyata.

Bagi pelamar bernotabene fresh graduate, mencantumkan pengalaman magang atau pekerjaan lain sesuai dengan pendidikan yang dijalani bisa jadi alternatifnya. Pelamar dianjurkan untuk meletakkan pekerjaan terakhir di urutan pertama. Jangan lupa pula untuk menuliskan tanggung jawab dari pekerjaan tersebut.

4. Pendidikan

Ketika tiba bagian ‘penceritaan’ riwayat pendidikan. Ada baiknya untuk mencantumkan hal-hal terpenting saja. Adapun beberapa hal tersebut ialah:

  • Nama sekolah/instansi perguruan tinggi
  • Lama waktu menempuh pendidikan
  • Jurusan pendidikan
  • Nilai UN/IPK

5. Skil Pelamar

Walau mungkin pelamar memiliki banyak sekali kemampuan dalam dirinya, bukan berarti ia harus memasukkan semuanya dalam lembar spesifikasi. Sebaiknya tuliskan saja skill relevan sesuai dengan posisi pekerjaan impian.

6. Info-info Tambahan

Bila dirasa perlu menambahkan beberapa informasi pelengkap seperti prestasi, minat, dan pengalaman berorganisasi pun diperbolehkan.

Baca Juga : Cara Membuat Bonsai Kelapa Untuk Memperindah Rumah

Itulah beberapa poin yang menjadi patokan penting dalam prosedur cara membuat CV yang baik dan benar sesuai gambaran kriteria perekrut. Dengan menuliskannya sesuai ‘keinginan’ bakal perusahaan impian, niscaya kesempatan untuk menjadi bagian dari perusahaan itupun akan jadi lebih tinggi.